Memperluas Jaringan Wifi Hotspot Antar Kampung

Wifi-Kampung    Salah Satu Kendala dalam jaringan wifi Hotspot biasanya range cakupan signal wireless. Untuk mengatasi kendala ini, kita umumnya menggunakan lebih dari satu wireless access point. Langkah tersebut memang menjadi solusi yang tepat.
Pada artikel ini saya tidak membahas cara konfigurasi hotspot, tetapi akan lebih ke konsep implementasi di lapangan dan dengan cara yang biasa saya terapkan untuk memperluas jaringan wifi hotspot antar kampung yang berjarak kurang lebih 4-5Km.

Topologi dan Kebutuhan Radio Wireless :
Secara Sederhana, topologi dalam memperluas jaringan Wifi Hotspot Antar Kampung adalah sebagai berikut


Pada BTS di Kampung A menggunakan jenis koneksi Point to Multi Point ( PtMP ) dimana satu radio Access Point bisa melayani lebih dari satu radio wireless CPE yang berfungsi sebagai client, Kampung B dan Kampung C.

Pada jaringan wireless tetap ( fixed outdoor wireless ) client harus menggunakan perangkat CPE untuk menerima signal dari BTS dan diteruskan ke Access Point indoor melalui kabel yang akan dipancarkan kembali jika ingin digunakan oleh laptop dan HP melalui WiFi Hotspot di rumah atau Warung-warung.

Radio Wireless Untuk BTS atau PtMP
Ubnt atau ubiquiti telah membuat dan mendesain radio wireless untuk berbagai macam skenario pembuatan jaringan fixed wireless baik untuk jaringan backhaul ataupun jaringan distribusi atau BTS.

Ubiquiti Lite AP AC adalah High Performance Sector Access point 5Ghz. Kenapa memakai Access Point difrequensi 5Ghz ? karna sudah sangat banyak perangkat wireless yang menggunakan frekuensi 2.4GHz sehingga akan rawan interferensi dan tinggi noise di kawasan yang padat penduduk.

Ubiquiti Lite AP AC didesign dengan bentuk fisik yang kecil dan ringan dan sebagai salah satu solusi untuk membuat wireless bridging untuk jarak yang jauh dan berjalan difrekuensi 5 Ghz yang cepat .

Radio wireless ubiquiti seri AC yang telah dilengkapi dengan antena sectoral didalam nya (include) dengan performa yang mengagumkan untuk harga yang relatif murah. Antena sectoral ini mampu mengcover area hingga 120°.

Radio Wireless CPE Untuk Client
Customer Premise Equipment (CPE) adalah istilah perangkat wireless yang dipasang dan digunakan oleh client pada model jaringan PtMP.

UBNT liteBeam M5 – 23 adalah wireless yang sudah complete satu set dengan antena feed dan reflector. Dengan kemampuan data rate 100 Mbps dan jarak sampai 18 Mil / 30 KM. Memiliki frekuensi 5 GHz ,serta antenna ber Gain 23 dBi.

Cara mengkoneksikan UBNT Lite AP AC dengan UBNT LiteBeam M5 untuk distribusi service hotspot saya akan bahas di artikel selanjutnya " the next post " - Terimakasih




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memperluas Jaringan Wifi Hotspot Antar Kampung"

Posting Komentar