Mengkoneksikan UBNT LiteAP AC dengan UBNT LiteBeam M5

Wifi-Kampung    Sebagai lanjutan dari artikel saya " Memperluas Jaringan Wifi Hotspot Antar Kampung" kali ini saya akan berbagi pengalaman saya, cara mengkoneksikan wireless UBNT LiteAP AC dengan UBNT LiteBeam M5.

Seting LiteAP AC sebagai Access Point
Langkah Pertama setting dulu IP address pada Laptop/PC yang akan di gunakan untuk konfigurasi alat, ip yang di gunakan sekelas ip default LiteAP AC ( 192.168.1.20 )


Selanjutnya hubungkan kabel LAN dari PoE LiteAP langsung ke ethernet komputer. Kemudian Masuk WebGui dari UBNT LiteAP AC dengan cara buka web browser, lalu ketik IP Default ubnt LiteAP AC 192.168.1.20, Saat muncul “warning” klik Accept/Continue. Kemudian login dengan default username password Ubiquiti yaitu “ubnt”


Dalam hal ini saya akan setting LiteAP AC sebagai AP (Access Point), di bagian tab wireless setting pilih mode ” Access Point PtMP Mixed Mode”


Basic Wireless Settings
Wireless Mode : Access Point PtMP Mixed Mode
SSID                : Isi dengan nama Wifi access point
Country            : Licensed ( Cara mengaktifkan Country Licensed di Ubnt AC )
Channel Width : 20 Mhz – Default Channel width adalah 40Mhz
Control Frequency List     : Off
Center Frequency    : 5735 ( 5725-5825 )
Wireless Security
WPA2 Security : Personal
WPA Preshared Key: isi password wifi accesspoint
Setelah selesai, Klik Save Changes

Konfigurasi Network / IP Address untuk disamakan dengan jaringan lokal hotspot . Anggap saja jaringan lokal anda menggunakan subnet 192.168.10.xxx, jadi anda akan merubah IP address LiteAP AC dari 192.168.1.20 ke 192.168.10.3. Karena koneksi internet tetap router anda yang memanage, setting LiteAP AC pada Network Mode "Bridge"


Setelah selesai, Klik Save Changes

Seting Litebeam M5 sebagai Station ( Client )
Setting Litebeam M5 sebagai Station ( Client ), di bagian tab wireless setting pilih Wireless mode ” station”, Centang WDS Transparent Bridge Mode, karna akan mendistribusikan service hotspot. SSID samakan dengan yang di LiteAP AC.


Konfigurasi Network / IP Address, Anggap saja Access Point anda menggunakan 192.168.10.5, jadi anda akan merubah IP address Litebeam M5 dari 192.168.1.20 ke 192.168.10.8


Langkah terakhir Tekan tombol Change kemudian Apply
Gambar dibawah ini adalah contoh Litebeam M5 yang telah terkoneksi LiteAP AC dengan baik


Sekian artikel kali ini, terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa bagikan kepada teman kamu yang membutuhkannya, dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengkoneksikan UBNT LiteAP AC dengan UBNT LiteBeam M5"

Posting Komentar