Mencegah Voucher Hotspot di Share Ulang APK Tethering

Wifi-Kampung    Bagi teman-teman pengusaha voucher hotspot, sistem voucher hotspot harusnya satu voucher hanya bisa digunakan oleh satu hp/perangkat saja, tapi bagaimana apabila ada user hotspot menshare ulang koneksi hotspotnya dengan Wifi Hotspot atau Bluetooth dengan menggunakan Aplikasi android Wifi Tethering?

Ketika kita mengaktifkan Wifi di Android kemudian Tethering Hotspot juga di aktifkan maka koneksi Wifi akan terputus/mati, tapi kalau menggunakan aplikasi tambahan seperti Wifi Tethering / Wifi Hotspot maka hal tersebut bisa dihindari, dengan begitu Smartphone Android tersebut bisa menjadi Repeater ( Menerima sinyal dan menyebarkannya lagi ).



Untuk mencegah penggunaan Voucher Hotspot di share ulang dengan menggunakan aplikasi android Wifi Tethering / Wifi Hotspot kita bisa mencegahnya dengan menggunakan Change TTL di Mikrotik.

Contoh topologi penggunaan Tethering dengan menggunakan android kira-kira seperti ini, dimana Smartphone bisa digunakan untuk menerima sinyal Wifi dari Access Point kemudian koneksi internetnya bisa sebarkan lagi dengan menggunakan Tethering ke hp android yang lain.


Untuk konfigurasinya kita akan mengubah nilai Time To Live (TTL) dari packet download yang menuju ke client hotspot. Kita akan membuat rule baru di menu firewall mangle dan membuat rule yang akan mengubahnya ke nilai TTL = 1.

Buat Rule untuk Mengubah TTL Menjadi 1
Buat rule di IP –> Firewall Mangle, lalu buat rule Chain Postrouting, dengan Out Interface = Interface Hotspot, kemudian di Tab Action ubah menjadi Change TTL, dan ubah nilainya menjadi 1.
/ip firewall mangle
add action=change-ttl chain=postrouting new-ttl=set:1 out-interface=bridge1-hotspot passthrough=no

Setelah ditambahkan konfigurasi diatas, ketika di ping ke 8.8.8.8 TTL di Mikrotik nilainya masih 53, ketika di ping di komputer TTL menjadi 1.


Ketika di ping di melalui android yang terhubung ke router


Apabila ada android yang mengaktifkan Tethering maka android yang terhubung ke Tethering tersebut tidak bisa mengakses internet. Hal ini disebabkan paket yang menuju ke android  tersebut di-Drop karena nilai TTL pada packet header ‘0 (Nol)’.

Semoga artikel singkat ini bisa membantu teman-teman pengusaha voucher hotspot - Terimakasih



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mencegah Voucher Hotspot di Share Ulang APK Tethering"

Posting Komentar